Selasa, 07 Juni 2011

Make up Muslimah




Saat seseorang mengenakan kerudung, otomatis bagian wajah akan menjadi pusat perhatian. Karenanya Anda perlu berhati-hati memilih gaya riasan yang sesuai dengan pemilihan model kerudung. Dalam buku “Serasi” dan “Gaya Berkerudung” karangan Tini Sardadi dan Amy Wirabudi, dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perempuan berkerudung dalam bermake up.


Pemilihan warna


Dalam melakukan pemilihan warna make up, hindarkan menonjolkan mata dan bibir sekaligus. Pilih salah satunya, mata atau bibir saja. Jika Anda memilih mata, maka pilih warna “nude” untuk bibir. Demikian pula sebaliknya, jika mata diberi warna “keras”, maka gunakan warna muda untuk mata. Saat Anda memakai kerudung berwarna gelap atau bermotif ramai, disarankan untuk memilih warna lembut dalam riasan mata. Sementara itu jika kerudung berwarna muda atau motifnya tidak terlalu ramai, maka Anda dapat memilih warna yang agak gelap untuk menampilkan keindahan mata.


Bibir


Sharing A


Kalau kita kebetulan warna kulitnya kuning langsat jadi warna lipstick yang standarisasi itu coklat / marakesh atau yang maroon. Dan jenis lipstiknya yang matte. Selain hemat juga tampak lebih rapi.
Kalau ingin tampak glossy tinggal tambahin lipgloss sedikit disapukan ke tengah bibir saja, tidak perlu penuh satu bibir.
Kalau untuk maskara bila bulu mata tipis dan tidak lentik pilih yang warna hitam/coklat dan bentuk kuasnya agak melengkung yang istilahnya sekarangitu curl.

Kemudian, kalau maskaranya kering jangan dibuang dulu itu bisa dihangatkan dengan direndam air hangat. Atau bisa dibuat untuk sikat alis mata. Caranya alis mata disikat semua ke atas pake kuas maskara bekas itu. Setelah itu dirapikan dengan disikat lagi menggunakan sikat alis biasa.
Hasilnya jadi lebih alami, apalagi yang punya alis mata lebat, wah cantik sekali. Kalau untuk merk relatif, tapi untuk mascara sebaiknya yang water-proof.

Sharing B


Kalau kulitnya putih atau kuning langsat biasanya warna lipstik apa saja cocok, tinggal cocokin sama baju yang akan dipakai.
Kalau kulitnya cenderung sawo matang, nuansanya warna tanah, seperti orange soft, warna bibir, kecoklatan, merah bata.
Masalahnya, kalau bilang coklat saja, sudah banyak sekali pilihannya.
Memang lebih baik kita pilih warna yang masuk kategori alami..biasanya suka dijudulin juga dengan nude.Dan satu lagi, warna lipstik di kulit dan di bibir suka beda tiap orang, tergantung chemistrynya.

Sebenarnya kalau mau hemat, satu warna lipstik juga bisa keliatan beda dengan pakai trik, misalnya kalau ke kantor pakai yang matte biasa, pas mau acara malam, ditumpuk dengan lipgloss atau yang lebih keren lip glass (keluarannya MU Forever).
Penggunaan pensil bibir atau tidak juga bisa makes a big difference.

Sharing C


Menurut informasi bibir hitam bisa disebabkan (selain faktor keturunan) juga oleh chemical yang ada di lipstik. Kemudian terkena matahari. Mungkin juga karena lipstiknya kurang cocok. Kata orang juga akibat merokok.
Kalau lipstik yang tahan lama (yang tidak mudah dihapus) itu lebih keras dibanding yang biasa.


Mata & alis


Bagi mereka yang berkerudung, alis yang berantakan akan jauh lebih terlihat dibanding mereka yang tak berkerudung. Alis yang berantakan membuat muka terlihat kusam dan tidak segar. Gunakan pensil alis untuk menggambar bentuk alis, hindari membuat tato alis karena terkesan tidak alami. Berhati-hatilah memilih bentuk alis, jangan sampai memberi kesan wajah Anda sedih, heran, kaget atau marah.

Pastikan bahwa teknik dan pilihan warna makeup mata Anda yang paling bagus untuk bentuk dan warna mata Anda. Dengan warna mata, anda dapat menciptakan ilusi bentuk dan ukuran baru. Selalu ingat bahwa warna terang membuat mata terlihat menonjol dan warna gelap membuat mata terlihat kecil.

Eye Shadow yang sangat berpigmen berarti warna yang terlihat pada kontainer adalah apa yang akan terlihat pada mata Anda.

Ketika memakai eyeshadow, sapu eyeshadow berwarna paling terang di seluruh wilayah dari garis bulu mata hingga alis. Warna eyeshadow ini akan menjadi warna dasar Anda dan adalah seperti foundation untuk mata Anda. Ini akan menjaga warna Anda dan mencegah lipatan/keriput terlihat.

Pakai Foundation pada wajah dan kelopak mata, agar eyeshadow lebih menyatu. Perhatikan pula Cara Memilih dan Memakai Foundation sesuai warna kulit.

Setelah Anda memakai warna dasar, pakailah warna medium pada kelopak mata bagian bawah. Ini adalah bagian dari mata yang kebanyakan wanita pakaikan eyeshadow. Baurkan dengan warna eyeshadow dasar Anda.

Warna ketiga dapat ditambahkan kemudian. Gunakan warna yang tebal dan gelap untuk menciptakan kedalaman. Pakai eyeshadow ini di sepanjang garis bulu mata, dan pada sudut luar mata, menekankan lipatan tulang mata dan alis. Baurkan dengan baik. Ini adalah warna aksen Anda dan jika digunakan dapat membuat mata lebih jelas.

Bagaimana Anda menerapkan warna kontur ini dapat membantu mata terlihat lebih besar, lebih kecil, lebih melebar atau lebih berdekatan. Kuncinya adalah untuk membaurkannya dengan baik sehingga perhatian masih tertuju pada mata Anda, bukan riasan mata Anda.

Eyeshadow terdiri dari berbagai jenis, yaitu Eyeshadow bubuk, eyeshadow cream/krim, dan eyeshadow stick

Eyeshadow bubuk dapat digunakan secara basah atau kering. Anda bisa membasahi kuas untuk membuat eyeliner cair Anda sendiri. Pembasahan eyeshadow bubuk membuat warna lebih intens.

Untuk eye shadow yang terlihat baru saja dipasang padahal sudah berjam-jam lamanya, pakailah krim untuk basis eyeshadow, lalu pakai eyeshadow dengan warna yang netral atau warna yang paling mendekati warna kulit Anda. Proses tertempelnya bubuk eyeshadow pada krim ini lah yang akan membuat basis eyeshadow yang tahan lama.

Eyeshadow krim dapat digunakan sebagai warna tunggal atau sebagai duo. Eyeshadow krim ini bisa digunakan bersamaan dengan eyeshadow bubuk, yaitu sebagai basis dari eyeshadow bubuk dengan warna yang cocok agar lebih terkunci warnanya. Pemakaian eyeshadow krim yang paling baik adalah dengan menggunakan ujung jari.

Jenis eyeshadow yang terakhir adalah eyeshadow stick, yang bentuknya seperti stick atau krayon. Eyeshadow jenis ini hanya dipakai pada lipatan mata, secara dibubuhkan penuh pada lipatan mata atau segaris saja di atas garis bulu mata.


Shading dan highlight


Untuk make up, aplikasi shading dan highlight ikut menentukan baik atau tidaknya hasil akhir. Shading yang memberi efek gelap diaplikasikan untuk memberi efek cekung atau kecil.Jika bentuk wajah Anda segitiga, shading tetap perlu diberikan pada ujung dagu. Demikian pula jika bentuk muka Anda lonjong atau panjang. Untuk shading, gunakan alas bedak yang warnanya dua tingkat lebih gelap dari alas bedak Anda.



Berhias yang terbaik ialah untuk pasangan anda...

2 komentar:

  1. kembalinya sang pujangga...tp g ad yg paham dgn perbendaharaan katanya..hehe..ditunggu postingan2 berikutnya...

    BalasHapus
  2. satu artikel yang amat pentig ya buat yang baru merid

    BalasHapus