Minggu, 21 Februari 2010

Entahlah....


Kecantikan wanita selalu jadi obrolan yang menarik, apalagi bagi kaum pria. Cantik itu relatif kata orang. Standar kecantikan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Mari kita tinjau kecantikan secara umum, secara psikologi.

Berikut saya kutipkan dari sebuah majalah wanita, "Semua wanita bisa tampil cantik asalkan mampu mengenali kekurangan sekaligus mengelola potensi diri. Kecantikan fisik tanpa diiringi kecantikan jiwa akan terasa hambar. Kita tidak perlu menjadi cantik seperti yang diinginkan semua orang. Cukup menjadi pribadi yang menyenangkan. Dan itu bisa dipelajari. Kecantikan bukan karunia dari langit, sehingga perlu usaha optimal agar terlihat menarik."

Ada 4 kiat cantik ala Psikolog Tika Bisono, yaitu :

1. Identifikasikan Kekuatan dan Kelemahan Diri. Setiap orang punya kelemahan, tetapi juga memiliki kelebihan. Cobalah lebih mengenali potensi diri. Jika memang sulit untuk menemukannya, mintalah bantuan orang lain, misalnya teman, kerabat, hingga konsultan ahli (psikolog).

2. Fokus pada Potensi. Jangan pernah berhenti mengasah potensi yang dimiliki. Jangan pula sungkan untuk mengungkapkan bahkan mengumumkan kelebihan yang Anda miliki kepada orang lain.

3. Mencari Pengakuan Diri. Pengakuan diri (self recognition) dapat dicapai melalui berbagai prestasi. Manfaatkan potensi yang Anda miliki sebagai modal untuk mendapatkan self recognotion tersebut.

4. Berdandan dan Merawat Diri. Luangkan waktu untuk merawat diri. Perbaiki pula cara berbusana. Bukan hanya saat di luar rumah, tetapi juga ketika sedang bersantai dengan keluarga di rumah. Jangan pakai daster lusuh, ganti dengan busana rumah yang menarik. Suami pasti tetap menganggap anda masih menarik seperti ketika masa bujangan dulu. Berdandan juga bisa mengundang pujian yang tulus dari orang lain yang akan membuat merasa lebih percaya diri. Tapi, kalau pujian dari pasangan/suami tak kunjung terdengar, walaupun anda sudah berdandan habis-habisan, tidak ada salahnya anda 'tembak langsung' menanyakan kepadanya, "Saya cantik nggak pakai baju ini?"

Orang bilang, kecantikan sesungguhnya adalah kecantikan yang terpancar dari dalam atau yang biasa disebut "inner beauty". Dapatkah inner beauty dilatih? Bisa! Inner Beauty tak bisa di touch up seperti riasan tapi kita bisa melatihnya.

Langkah yang perlu ditempuh juga simple saja. Tak harus mengambil langkah drastis dengan mengubah gaya hidup atau berganti kepribadian, misalnya menjauhi kehidupan duniawi dan hidup menyepi di sebuah tempat. Ketulusan dan keindahan hati bukan diukur dari situ, tapi dari kemampuan menghilangkan emosi dan vibrasi negatif, seperti membersihkan jiwa dari rasa dengki dan iri.

Selain itu, anda juga harus membuka pikiran untuk melihat batasan kecantikan secara lebih luas. Kecantikan bukanlah kesempurnaan fisik wanita. Kecantikan itu relatif, namun kebersihan jiwalah yang justru diutamakan. Dari sikap ini, akan terbit kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan juga orang lain dalam segala hal. Dengan begini, pikiran positif pun akan muncul dan berujung pada kebahagiaan.

Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan pikiran positif? Menurut Norman Peale, penulis buku The Power Positive Thingking,

1. Dengan mengucapkan hal-hal positif ketika berdialog dengan diri sendiri, seperti : "Saya pasti bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan saya." Dialog dengan diri sendiri perlu disertai rasa sayang, sambil melukiskan kesuksesan yang akan diraih.

2. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang berkembang dalam imajinasi. Bila tak ingin merasa bersalah, frustasi, atau ragu-ragu, anda mampu, kok. Hanya anda, dan tak seorang pun yang harus memutuskan apa yang nyaman untuk diri anda. Sadarlah bahwa pikiran negatif dan kecemasan hanya akan mematikan langkah menuju pintu sukses.

3. Bergaulah dengan lingkungan yang menyebarkan atmosfer yang hangat dan membangun. Pikiran positif itu menjalar dan anda pun akan terstimulasi untuk melakukan hal serupa.

4. Berolahraga. Aktifitas fisik akan membantu anda menjadi manusia sportif dan percaya diri.

5. Banyaklah membaca buku atau kalimat yang memberi inspirasi tentang keindahan hidup, dengan ketenangan hati dan cinta kasih.

Apa saja hikmah yang diraih dari mempraktekkan gaya hidup berpikir positif? Hari-hari dalam kehidupan akan berjalan lebih lancar, membuat pribadi anda menjadi hangat dan mampu menikmati hidup.

Penulis : Asri ginayani

Menjadi psikolog : harus banyak belajar, peka terhadap inti masalah seseorang dan yang paling penting mampu menjadi pendengar baik atau active listening (listening itu berbeda dengan hearing)
ingat... ingat jangan pernah memberi keputusan pada masalah orang lain berilah alternatif yang dapat dia pilih dan kebaikan or kerugian tiap pilihan


Sebab-sebab seorang pria jatuh cinta (hasil survey )

1.tu gadis scr fisik enak diliat, bisa cantik/menarik/cute
2.tu gadis enak diajak sharing alias nyambung kalo ngobrol
3.tu gadis wangi..:D..(kt temen ku buat apa cantik2 kalo BB,bisa ilfil)
4.tu gadis bisa kasih kenyamanan buat dirinya
5.tu gadis tajir...(dr bbrp tipe temen ku yg matre, itu hal mutlak..parrah khan..:D)
6.tu gadis bisa memposisikan dirinya dgn baik di sgala suasana, jd ga malu2in n ga nyusahin kalo diajak bgaul ma tmen2nya
7.tu gadis romantis ..(kt mrk, gadis romantis bisa bikin mrk jatuh hati susah berpindah kelain hati coz hatinya dah nyangkut..:D..layangan kali ah..)
8.tu gadis ngertiin tu cow, pd saat kpn dia hrs manja n mandiri


Tap mengapa ya.... jarang yg menyebutkan agama :( hikz.hikzzzzzz

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Cinta sejati adalah cinta yg tak mengenal status, golongan dan kedudukan seseorang'

Sebuah kesalahan yg kita buat atau orang lain terhadap diri kita, tidak harus kita pikul buat selamanya, kemudian dengan menutup diri untuk tidak mencoba memperbaikinya.

Namun semua jawabannya berada ditanganmu, putuskan hal yg terbaik, jika menurut hati nuranimu itu baik dan jangan pernah ragu untuk mengambil sikap.


Trim's


Tidak ada komentar:

Posting Komentar